PERTUMBUHAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF KOTA MALANG

Authors

  • Ikhwanus Shofa Bidang Ekonomi dan Smber Daya Alam Kota Malang Author
  • Deddy Nugroho Bidang Ekonomi dan Smber Daya Alam Kota Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/x7fq7b17

Keywords:

Ekonomi Kreatif, Kota Malang

Abstract

Kota malang mempunyai potensi ekonomi kreatif yang meliputi, periklanan, arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, desain, fashion, video, film dan fotografi, permainan interaktif, Musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, televisi dan radio, riset dan pengembangan, dan kuliner. Potensi ini menjadi peluang yang menarik dengan kondisi kota malang yang merupakan kota pendidikan dan tujuan wisata. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pertumbuhan dan strategi pengembangan ekonomi kreatif kota malang. Kajian ini dikaji dari berbagai sumber dan survei pada beberapa pelaku usaha kemudian dianalisis menggunakan analisis swot. Hasil dari analisis menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi kreatif kota malang relatif stabil. Hal ini perlu dikembangkan secara bertahap dan terus ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Nenny, 2008. Industri Kreatif, Jurnal ekonomi. Volume XIII No. 3 hal. 144-151.

Departemen Perdagangan Republik Indonesia, (2008). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025, Departemen Perdagangan RI, Jakarta.

Departemen Perdagangan Republik Indonesia, (2008). Pengembangan Industri Kreatif Menuju Visi Ekonomi Kreatif 2025, Departemen Perdagangan RI, Jakarta.

Departemen Perdagangan Republik Indonesia, (2009). Studi Industri Kreatif Indonesia 2009,Departemen Perdagangan RI, Jakarta.

Khristianto, Wheny, (2008). Peluang dan Tantangan Industri Kreatif di Indonesia, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 5 No.1 hal 33-37.

Ratih Kusumaning Esti & Dinie Suryani. Portrait Of Creative Industry In Indonesia. Economic Review No. 212 , June 2008.

Rini & Czarani. (2010). Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Oleh Pemuda Dalam Rangka Menjawab Tantangan Ekonomi Global. Jurnal UI Untuk Bangsa Seri Sosial Humaniora, Volum 1 2010.

Sunanik. (2013). Penguatan Ekonomi Kreatif dan Inovatif Berbasis Sumberdaya Desa Besuki di Kecamatan Besuki Tulungagung. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 1, No. 1. 20-27. ISSN: 1907-2015

Yogi Suprayogi Sugandi. Perlunya Kebijakan Industri Kreatif, Harian Pikiran Rakyat, Jumat 27 Maret 2009.

Downloads

Published

22-03-2018

How to Cite

PERTUMBUHAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF KOTA MALANG. (2018). PANGRIPTA, 1(1), 75-85. https://doi.org/10.58411/x7fq7b17