PENGARUH CITY BRANDING “MALANG KABUPATEN: THE HEART OF EAST JAVA” TERHADAP CITY IMAGE DAN KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE KABUPATEN MALANG TAHUN 2018

Authors

  • Anisa Sinta Universitas Brawijaya Author
  • Affan Universitas Brawijaya Author
  • Dewa Ayu Universitas Brawijaya Author
  • Syifa Adinda Universitas Brawijaya Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/ka016555

Keywords:

City Branding, City Image, Tourist decisions, Malang Regency

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh city branding terhadap city image Kabupaten Malang, (2) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh city branding terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Kabupaten Malang, (3) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh city image terhadap keputusan berkunjung wisatawan Kabupaten Malang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan data sekunder. Survei dengan sampel sebesar n = 100 Responden. Hasil penelitian ini adalah: (1) City Branding berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap city image di Kabupaten Malang, yang mana dapat dilihat dari t hitung < t tabel yaitu sebesar 5.920 untuk t hitung dan 1.661 untuk t tabel, (2) City Branding berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung di Kabupaten Malang, yang mana dapat dilihat dari t hitung < t tabel yaitu t hitung 3.099 dan t tabel 1.661, (3) Hubungan antara city image dengan keputusan sama-sama memiliki keterkaitan dengan city branding, dimana dalam uji t, uji f, dan uji regresi linier berganda menjelaskan pengaruh yang didapat dan menunjukkan hasil yang baik antara City branding dengan variabel independen lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel berkaitan dan memiliki pengaruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashworth, G. J., & Voogd, H. 1990. Selling the city: Marketing approaches inpublic sector urban planning London: Belhaven Press.

Dinnie, Keith. (2011). City Branding/Theory And Cases. Tokyo/PalgraveMacmillan.

Jannah, B, dkk. (2014). Pengaruh City Branding dan City Image Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Banyuwangi. Jurnal Admistrasi Bisnis. Vol. 17. No. 1 Desember 2014.

Published

15-03-2021

How to Cite

PENGARUH CITY BRANDING “MALANG KABUPATEN: THE HEART OF EAST JAVA” TERHADAP CITY IMAGE DAN KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE KABUPATEN MALANG TAHUN 2018. (2021). PANGRIPTA, 4(1), 678-685. https://doi.org/10.58411/ka016555