PENGUKURAN INDEKS KEPUASAN LAYANAN INFRASTRUKTUR KOTA MALANG TAHUN 2021
PENGUKURAN INDEKS KEPUASAN LAYANAN INFRASTRUKTUR KOTA MALANG TAHUN 2021
DOI:
https://doi.org/10.58411/pangripta.v5i2.155Kata Kunci:
kepuasan layanan, infrastrukturAbstrak
Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur (IKLI) merupakan ukuran yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat atas pembangunan infrastruktur oleh Pemerintah. IKLI dapat menjadi suatu alat untuk mengetahui gambaran perspektif masyarakat secara obyektif terkait layanan infrastruktur yang diselenggarakan oleh pemerintah. Indikator yang digunakan dalam pengukuran IKLI Kota Malang tahun 2021 meliputi ketersediaan fisik, kualitas fisik, kesesuaian, pemanfaatan, dan kontribusi terhadap perekonomian. Tujuan Penyusunan IKLI Kota Malang tahun 2021 yaitu untuk mengukur capaian indeks kepuasan layanan infrastruktur tahun 2021, menganalisis antara hasil capaian yang diperoleh pada tahun 2021 dengan target/sasaran yang telah ditetapkan, mengkomparasikan capaian indeks kepuasan layanan infrastruktur tahun 2021 dengan hasil forecasting capaian indeks kepuasan layanan infrastruktur tahun 2018-2023, mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan-permasalahan pada hasil review capaian dan target/sasaran indeks kepuasan layanan infrastruktur, serta memberikan rekomendasi kebijakan dan langkah-langkah apa yang perlu dilakukan Pemerintah Kota Malang berdasarkan hasil penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Importance Performance Analysi, Gap Analysis, dan analisis PGCV. Hasil pengukuran IKLI Kota Malang pada tahun 2021 diperoleh nilai 4,23 yang mengalami peningkatan dari hasil pengukuran IKLI tahun sebelumnya.

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Bidang Penelitian dan Pengembangan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.