OPTIMALISASI SUMBER DAYA ALAM DI LAHAN MAKAM KOTA MALANG

Authors

  • Arum Pawestri Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Kota Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/esn0y314

Keywords:

sumber daya alam, lahan makam, Kota Malang

Abstract

Kegiatan pembangunan di suatu wilayah sangat tergantung dari ketersediaan sumberdaya alam di wilayah tersebut, misalnya saja pengembangan Kota Malang sebagai kota pendidikan. Untuk lebih memaksimalkan upaya memperbaharui sumberdaya alam di wilayah kota, maka salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni melakukan optimalisasi di area lahan makam dengan melakukan pengujian di bidang Sosiologis dan ekologis. Pengujian yang dimaksud mencakup uji sosial, uji tata ruang, dan uji kualitas tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi serta mengembangkan sumber daya alam pada tempat pemakaman umum dan memberikan rekomendasi pengembangan ruang terbuka hijau pada tempat pemakaman umum. Metode penelitan ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar masyarakat setuju bila dilakukan optimalisasi lahan makam dan masyarakat juga siap berpartisipasi dalam proses optimalisasi. Lahan makam di Kota Malang dapat dikembangkan menjadi ruang terbuka hijau, tempat pelestarian flora, lokasi wisata, sarana pendidikan, dan perkebunan. Rekomendasi optimalisasi sumber daya alam yang sesuai dengan kondisi makam di Sukun, Kasin dan Samaan adalah perkebunan tanaman buah dalam pot (tabulampot) karena dalam praktiknya tabulampot tidak memerlukan lahan yang luas. Dan rekomendasi yang bisa digunakan untuk budi daya dilahan makam adalah jahe, Kopi, kakao, dan Lamtoro.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswad. 2004. Studi Konsep Pengembangan Penataan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Pusat Kota Pangkalan Bun Kalimantan Timur. Jurnal ASPI, Vol. 3.

Departemen Dalam Negeri. 2007. Peratauran Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang Terbuka Hijau di Wilayah Perkotaan. Jakarta: Departemen Dalam Negeri.

Everett, M. Rogers. 1983. Diffusion of Innovations. London: The Free Press.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Stephen, Isaac. & William, B. Michael. 1981. Hand Book in Research and Evaluation, 2nd Edition. San Diego.

Downloads

Published

20-03-2019

How to Cite

OPTIMALISASI SUMBER DAYA ALAM DI LAHAN MAKAM KOTA MALANG. (2019). PANGRIPTA, 2(1), 267-278. https://doi.org/10.58411/esn0y314