ANALISA DAMPAK EKONOMI BANK SAMPAH MASYARAKAT TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT DI KOTA MALANG

Authors

  • Rukayah Bidang Penelitian dan Pengembangan Kota Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/yxtrem39

Keywords:

BSM, sampah, nasabah, ekonomi

Abstract

Keberadaan Bank Sampah sebagai salah satu wujud dari program penanganan pengelolaan Bank Sampah sangat memungkinkan untuk bisa memberi dampak (impact) pada peningkatan aksesibilitas terhadap peningkatan pendapatan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengidentifikasi dampak keberadan Bank Sampah yang bisa dirasakan oleh masyarakat dan lingkungan sekitar di masing-masing kecamatan di wilayah Kota Malang, Memetakan data kepesertaan di masing-masing kecamatan dengan karakteristik data dikelompokkan menurut status kepesertaan dan keaktifan peserta. Untuk membuktikan hipotesis yang telah dikemukakan, maka dalam penelitian ini digunakan metode analisis kuantitatif yaitu analisis regresi linier sederhana. Dari Hasil analisa diketahui bahwa keberadaan BSM Kota Malang ikut mempengaruhi peningkatan ekonomi keluarga, namun belum ada dampak yang ditimbulkan dalam jangka panjang dan berkelanjutan/multipliereffect. Hal ini dikarenakan adanya ktidakpastian penghasilan nasabah, serta hasil tabungan dan pinjaman yang hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari dan saat hari raya saja. Sebagai saran dari penelitian ini adalah perlu ada promosi produk daur ulang lebih luas, pemberian insentif pada unit BSM yang aktif dan berkembang serta pengadaan mesin pengolahan sampah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kurnia, Anis Indah. Romansyah Dadang. 2015. Rancangan Sistem Siklus Akuntansi Pada Bank Sampah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, Vol 3, No. 1. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Islam SEBI.

Apriadi, Putra. 2012. Bank Sampah dan Program Lingkungan Yayasan Unilever. Yayasan Unilever Indonesia.

https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_sampah diakses tanggal 2 april 2017.

Kementerian Lingkungan Hidup. 2012. Profil Bank Sampah Indonesia 2012. Jakarta.

Sucipto, C. Dani. 2012. Teknologi Daur Ulang Sampah. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Downloads

Published

19-03-2019

How to Cite

ANALISA DAMPAK EKONOMI BANK SAMPAH MASYARAKAT TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT DI KOTA MALANG. (2019). PANGRIPTA, 2(1), 253-266. https://doi.org/10.58411/yxtrem39