PENGUKURAN PERTUMBUHAN EKONOMI KREATIF KOTA MALANG

Authors

  • Sri Palupi Prabandari Universitas Brawijaya Author
  • Franciska Yuniati Universitas Brawijaya Author
  • 3Dwi Maulidatuz Zakiyah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/z3gmdw14

Keywords:

Ekonomi Kreatif, Kota Malang, PDRB

Abstract

Ekonomi kreatif adalah suatu konsep untuk merealisasikan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan berbasis kreativitas. Pemanfaatan sumber daya yang bukan hanya terbarukan, bahkan tidak terbatas, yaitu berupa ide, gagasan, bakat atau talenta dan kreativitas. Ekonomi kreatif merupakan suatu penciptaan nilai tambah (ekonomi, sosial, budaya, lingkungan) berbasis ide yang lahir dari kreativitas sumber daya manusia (orang kreatif) dan berbasis pemanfaatan ilmu pengetahuan, termasuk warisan budaya dan teknologi. Dengan kata kreatif dan inovatif, nilai barang/jasa yang dihasilkan tentu bernilai jual tinggi. Kota Malang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai kota kreatif, dimana dalam hal ini Kota Malang melakukan berbagai inovasi untuk menunjang ekonomi kreatif. Kota Malang memiliki 12.948 pelaku ekonomi Kreatif di Kota Malang. Hal ini tentu merupakan potensi besar dalam pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Malang. Hasil pertumbuhan angka PDRB Ekonomi Kreatif Kota Malang Tahun 2021 atas dasar harga konstan mengalami peningkatan signifikan yaitu menjadi 3,47% dari -8,85% pada Tahun 2020. Hal ini dikarenakan pelaku usaha ekonomi kreatif terdampak pandemi COVID-19 di Tahun 2020. Pertumbuhan mengalami peningkatan di Tahun 2021 dikarenakan adanya perekonomian di Kota Malang yang mulai pulih dan pelaku usaha ekonomi kreatif mulai beradaptasi pada era normal sehingga nilai PDRB ekonomi kreatif mengalami kenaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2017). Laporan Penyusunan PDRB Ekonomi Kreatif Jawa Timur Tahun 2010-2016 menurut Lapangan Usaha. Provinsi Jawa Timur: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Kota Malang. (2021). Kota Malang Dalam Angka 2021. Kota Malang: Badan Pusat Statistik.

Farid, M. A. (2019). Identifikasi Sektor Ekonomi Kreatif dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Mahmudi. (2019). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Yayasan Keluarga Pahlawan Negara.

Pemerintah Kota Malang. (2018). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Malang Tahun 2018-2023. Kota Malang.

Pemerintah Kota Malang. (2018). Peraturan Walikota Malang Nomor 12 Tahun 2018 tentang Road Map Pengembangan Ekonomi Kreatif Sub Sektor Unggulan Dan Sub Sektor Prioritas Kota Malang Tahun 2018 – 2022. Kota Malang.

Downloads

Published

17-03-2023

How to Cite

PENGUKURAN PERTUMBUHAN EKONOMI KREATIF KOTA MALANG. (2023). PANGRIPTA, 6(1), 1052-1067. https://doi.org/10.58411/z3gmdw14