PERANAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) DALAM PENYELESAIAN KONFLIK ANTAR UMAT BERAGAMA TENTANG PENDIRIAN GEREJA MAWAR SHARONDI KOTA MALANG

Authors

  • Lilya Windi Pramesti Universitas Negeri Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/sgssa568

Keywords:

peranan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), konflik, Gereja Mawar Sharon

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui bentuk konflik antar umat beragama di Kota Malang, (2) mengetahui proses penyelesaian konflik antar umat beragama di Kota Malang, (3) mengetahui program FKUB untuk mendukung penyelesaian konflik antar umat beragama di Kota Malang, (4) mengetahui kendala yang dihadapi FKUB dalam penyelesaian konflik antar umat beragama di Kota Malang, dan (5) mengetahui upaya FKUB Kota Malang dalam menghadapi kendala.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama bentuk konflik antar umat beragama di Kota Malang ialah sengketa pendirian rumah ibadat Gereja Mawar Sharon di Kelurahan Sukoharjo Kota Malang. Kedua, penyelesaian konflik antar umat beragama dilakukan melalui beberapa proses, Ketiga, dalam mendukung penyelesaian konflik dan memelihara kerukunan antar umat beragama di Kota Malang FKUB memiliki program. Keempat, dalam melakukan peranan FKUB Kota Malang menghadapi berbagai kendala yaitu, (1) kurangnya pemahaman masyarakat yang terlibat konflik terhadap peranan dan fungsi FKUB, (2) munculnya anggapan-anggapan negatif dari masyarakat yang menganggap bahwa FKUB Kota Malang sebagai lembaga yang mengajak masyarakat untuk masuk ke agama tertentu, (3) sumber daya manusia internal FKUB yang belum dapat bekerja secara penuh. Kelima, upaya FKUB Kota Malang dalam menghadapi kendala tersebut ialah dengan menggunakan pendekatan yang bersifat komunikatif dan persuasif, serta mengedepankan dialog, sehingga FKUB menjadi jembatan dari masyarakat untuk menyalurkan aspirasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfinsyah. 2013. FKUB dan Resolusi Konflik Mengurai Kerukunan Antar Umat Beragama di Sumatera Utara. Medan: Perdana Publishing.

Dahrendorf, Ralf. 1995. Konflik dan Konflik dalam Masyarakat Industri: Sebuah Analisa Kritik. Jakarta: Rajawali.

Fisher, Simon, dkk. 2011. Mengelola Konflik: Ketrampilan & Strategi Untuk Bertindak. Jakarta: The British Council.

Hasbulloh. 2012. Konflik Sosial Bernuansa Religi, 18 index.php/ushuludin/article/viewFile/697/648, diakses 23 Juli 2019.

Liliweri, Alo. 2005. Prasangka & Konflik Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: PT LKIS.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Muchtar, Ibnu Hasan & Mustafa, Farhan. 2015. Efektivitas FKUB dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama: Kapasitas Kelembagaan dan Efisiensi Kinerja FKUB Terhadap Kerukunan Umat Beragama. Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan Kementerian Agama RI.

Nasikun. 2016. Sistem Sosial Indonesia, Cet. 22. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Pruitt, Dean G & Jeffrey Z. Rubin. 2004. Teori Konflik Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rauf, Maswadi. 2000. Konsensus dan Konflik Politik Sebuah Penjajagan Teoretis. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Raho, Bernard. 2014. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Retnowati. 2009. Agama, Konflik, dan Integrasi Sosial (Integrasi Sosial Pasca Konflik Situbondo), 21 (02). 189-200.

Ritzer, George dan Douglas J. Goodman. 2008. Teori Soisologi Modern. Jakarta: Prenada Media.

Soekanto, Soerjono. 2017. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Susan. 2010. Pengantar Sosiologi Konflik dan Isu-Isu Kontemporer, Cet.2. Jakarta : Kencana.

Suseno, Franz Magnis. 2015. Agama, Keterbukaan dan Demokrasi: Harapan dan Tantangan. Pusat Studi Agama dan Demokrasi Yayasan Paramadina :Jakarta.

Wiyono, Suko. 2016. Reaktualisasi Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Malang: Universitas Wisnuwardhana Malang Press.

Downloads

Published

24-03-2020

How to Cite

PERANAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) DALAM PENYELESAIAN KONFLIK ANTAR UMAT BERAGAMA TENTANG PENDIRIAN GEREJA MAWAR SHARONDI KOTA MALANG. (2020). PANGRIPTA, 3(1), 80-93. https://doi.org/10.58411/sgssa568