ETIKA BISNIS DALAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK PENGUATAN PROMOSI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOTA MALANG

Authors

  • Lukman Hakim Universitas Wisnuwardhana Malang Author
  • Liemgiani Universitas Wisnuwardhana Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/r09ag191

Keywords:

Etika Bisnis, Corporate Social Responsibility, Promosi, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Sekolah kejuruan sebagai bagian dari kehidupan social masyarakat, dalam hal dunia pendidikan yang memiliki peran penting untuk membentuk sumber daya manusia, sangat sarat dengan perilaku bisnis. Bagi sebagain orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, justru pendidikan dijadikan media bisnis khusus. Sehingga tidak ayal ada yang menjadikan pendidikan bukan sebagai bagian usaha nirlaba. Apabila melihat pendidikan sebagai bagian dari usaha nirlaba, maka mau tidak mau pengelolaan pendidikan juga sarat dengan bagian dari etika bisnis. Karena pengelolaan atau kata lain, memanagemen pendidikan yang sarat dengan pendidikan high technology, berhubungan dengan masyarakat multilateral, internasional, harus menggunakan etika bisnis, agar tetap mendapatkan pengakuan dari masyarakat dan survive.

Dalam hal ini pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan vokasi atau kejuruan, karena tuntutan perbaikan kualitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sejak INPRES No. 9 Tahun 2016, pemerintah meminta revitalisasi SMK secara gradual bias berperan mewujudakan SDM Indonesia yang unggul dan kompeten, untuk menyongsong Indonesia Emas 2024. Pembahasan artikel ini, meliputi peran etika bisnis dalam dunia pendidikan, Coorporate Social Responsibility, dalam dunia pendidikan, Fenomena peran etika bisnis dan Coorporate Social Responsibility, dalam sekolah kejuruan dan peran etika bisnis dalam program Coorporate Social Responsibility, sebagai bentuk Promosi sekolah kejuruan. Keempat bagian utama ini penulis uraikan dengan beberapa dasar filosofi (teori) yang dikemukakan para ahli dan tataran empiris yang dialami penulis dalam memanagemen organisasi sekolah kejuruan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrasyi, M. Athiyah. 1987. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam., Jakarta: Bulan Bintang;

Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran.Malang: Universitas Brawijaya Press.

Alma, Buchari dan Ratih Hurriyati. 2008. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Pendidikan Jasa Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Amsari Fuad. 1995. Pengajaran Agama Islam di Indonesia: Perspektif Sosio Historis. Seminar Nasional Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum di Yogyakarta.

Amstrong, Gary dan Philip, Kotler. 2010. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Angelica, Diana dan Ria Cahyani.2009. Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global, Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Anggrahini., Meilyna D., Christina R dan Edwi. 2008. Peran Humas Pemerintah Kabupaten Sragen dalam Pengelolaan Isi Informasi Website Pemda Sebagai Media Communication Relations dengan Masyarakat, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 6, Nomor 2, Mei-Agustus 2008.

Anhar, Rofik. 2015. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan dan Interaksi Sosial terhadap Keputusan Orang Tua Memilih Pendidikan di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto, Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto ( IAIN ) Purwokerto.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badrudin, 2013. Dasar-Dasar Manajemen, Cetakan kesatu, Bandung : Alfabeta

Bailey, Christine, Paul R Baines, Hugh Wilson dan Moira Clark. 2009. Segmentation and Customer Insight in Contemporary Services Marketing Practice: Why Grouping Customers Is No Longer Enough, Journal of Marketing Management.Vol.25 (3).

Black, James A. dan Dean J. Champion.2001. Metode dan Masalah Penelitian Sosial, Bandung: Refika Aditama.

Bogdan dan Taylor dalam V. Wiratna Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Buchari Alma. 2009. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Carroll, Archie, B. 1998. The Four Faces of Corporate Citizenship, in Business and Society Review, Fall, 100/101.

Chatib, Munif. 2012. Orangtuanya Manusia. Bandung : Kaifa.

Fadjar, Malik, 1999. Reformasi Pendidikan Islam, Fajar Dunia.

Fatah, Nanang. 2004. Landasan Manajemen Pendidikan Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ginting, Nembah F. Hartimbul.2012. Manajemen Pemasaran, Bandung: Irama Widya.

Hadari Nawawi. 1996. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Gunung Agung.

Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset.

Hamidi, 2008. Penelitian Kualitatif Pendekatan Praktis Penelitian Proposal dan Penelitian Malang: UMM Press.

Handoko, Hani T. 2000. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Philip and Nancy Lee. 2005. Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasi di Indonesia, Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti.

Kotler. Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsep dan Aplikasi Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Ruslan. Hendrik Budi. 2007. Corporate Social Responsibility. Jakarta. SinarGrafikahttp://ruangdosen.wordpress.com

Downloads

Published

23-03-2020

How to Cite

ETIKA BISNIS DALAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK PENGUATAN PROMOSI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOTA MALANG. (2020). PANGRIPTA, 3(1), 71-79. https://doi.org/10.58411/r09ag191