PEMBERIAN KREDIT USAHA MIKRO (KUR) SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN USAHA

Authors

  • Ratnawati Universitas Wisnuwardhana Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/fffx2p40

Keywords:

Efektivitas, Pengawasan, Pembinaan kredit, Peningkatan usaha

Abstract

Bank memiliki fungsi intermediasi yaitu sebagai perantara bagi masyarakat yang memiliki surplus dana untuk disalurkan kepada masyarakat yang mengalami defisit dana. Pemberian kredit merupakan suatu usaha bank yang paling pokok, maka bank perlu memberikan penilaian terhadap nasabah yang mengajukan kredit pinjaman serta merasa yakin bahwa nasabah tersebut mampu untuk mengembalikan kredit yang telah diterimanya. Memberdayakan masyarakat golongan ekonomi lemah atau sektor usaha kecil adalah dengan menyediakan sumber pembiayaan usaha yang terjangkau. Salah satu strategi pembiayaan bagi golongan ini adalah kredit usaha mikro. Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada debitur KUR Retail dan debitur KUR mikro menunjukkan dampak yang positif karena pertama, koperasi dan UMK memanfaatkan KUR dengan baik untuk mengembangkan usaha.
Tujuan penelitian Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial efektifitas, pengawasan dan pembinaan kredit terhadap peningkatan usaha Debitur KUR Mikro Bank Rakyat Indonesia.Sawojajar Kota Malang. Hasil penelitian menyatakan bahwa bahwa efektifitas, pengawasan dan pembinaan kredit mempunyai pengaruh signifikan peningkatan usaha Debitur KUR Mikro Bank Rakyat Indonesia Unit Sawojajar Kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin, Burhan H.M. 2007. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu social, Jakarta : Kencana Prenama Media Group.

Creswell, John W. 1994. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. California: Sage Publications, Inc. Terjemahan.

Firdaus Rachmat dan Maya Ariyanti.2008. Manajemen Perkreditan Bank Umum Teori, Masalah, Kebijakan Dan Aplikasinya Lengkap Dengan Analisis Kredit.Bandung: Alfabeta.

Hasibuan, Malayu. 2006. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hendra Hamdani. 2013. Analisis Pengaruh Efektivitas, Pengawasan Dan Pembinaan Kredit Terhadap Peningkatan Usaha Debitur Kredit Usaha Rakyat Mikro. Skripsi. Unidha.

Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kasmir. 2006. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kiryanto, Ryan. 2007. Langkah Terobosan Ekspansi Kredit. Jurnal Hukum Bisnis.

Rachmad. 2007. Analisis Penyaluran Kredit Mikro Pada BRI Unit Abdul Rachman Saleh Kanca BRI Semarang Pattimura. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Suhardjono. 2003. Manajemen perkreditan Usaha kecil dan Menengah.Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Downloads

Published

19-03-2020

How to Cite

PEMBERIAN KREDIT USAHA MIKRO (KUR) SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN USAHA. (2020). PANGRIPTA, 3(1), 62-70. https://doi.org/10.58411/fffx2p40