STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING BERBASIS ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN PEDAGANG PASAR PAKIS KABUPATEN MALANG

Authors

  • Erna Atiwi Jaya E Universitas Wisnuwardhana Malang Author
  • Sugiharto Universitas Wisnuwardhana Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/6nekfw81

Keywords:

Preferensi Pedagang Pasar, lembaga Syariah, lembaga non keuangan

Abstract

Pelayanan dan program kredit yang diberikan oleh BMT Syariah sangat membantu pedagang-pedagang untuk mendapatkan dana segar yang dapat memudahkan anggotanya dalam meminjam modal. Dari beberapa strategi pembiayaan yang ditawarkan berbagai koperasi selama ini, pedagang masih cenderung tidak mengetahui bahkan tidak menginginkan meminjam modal dari lembaga keuangan dikarenakan harus memenuhi persyaratan yang rumit, biaya administrasi yang tinggi dan lain sebagainya.Tujuan penelitian untuk menjelaskan preferensi Pasar Pakis Kabupaten Malang terhadap sumber pembiayaan. Hasil penelitian menjelaskan, pedagang Pasar Pakis Kabupaten Malang dalam menjalankan kegiatan perdagangannya menggunakan bermacam-macam sumber permodalan. Sumber permodalan tersebut di antaranya ada yang menggunakan modal sendiri, modal dari Baitul Maal Watamwil, modal dari rentenir, dan pernah meminjam di Bank namun sudah tidak meminjam lagi. Ada juga informan yang tidak pernah meminjam dengan renternir. Pedagang-pedagang dalam menentukan pilihan sumber permodalannya akan memiliki berbagai pertimbangan dan alasan sehingga pilihan sumber permodalannya dapat memberikan manfaat bagi pedagang tersebut. Pedagang dalam menentukan preferensinya disesuaikan dengan kemampuan dan kesesuaian penggunaannya. Selain itu, pedagang juga mayoritas menentukan pilihan sumber permodalannya melihat dari prosedur pengajuan dan pembayaran pinjaman yang mudah. Hal tersebut disebabkan karena pedagang tidak mau terbebani dengan lembaga keuangan yang menetapkan persyaratan dan prosedur yang rumit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma B. 2010. Kewirausahaan Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta

Burhanuddin. 2014. Pengaruh aktivitas kewirausahaan peternakan ayam broiler terhadap pertumbuhan ekonomi. Disertasi Doktor. Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Bernhard Limbong, Pengusaha Koperasi, (Jakarta: CV Rafi Maju Mandiri, 2010)

Dirlanudin. 2010. Perilaku Wirausaha dan Keberdayaan Pengusaha Kecil IndustriAgro: Kasus di Kabupaten Serang Provinsi Banten. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Fauzi, HA. 2004. Analisis Pengaruh Sikap Kewirausahaan, Orientasi Pasardan Pembelajaran Organisasional terhadap Kinerja Bisnis[Tesis]. Semarang :Universitas Dipenogoro.

Firdaus M, Farid MA. 2008. Aplikasi Metode Kuantitatif Terpilih untuk Manajemen dan Bisnis.Bogor: IPB Press.

Haeruman H. 2000.Peningkatan daya saing umkm untuk mendukung program PEL. Makalah Seminar Peningkatan Daya Saing, Graha Sucofindo, Jakarta.

Hadiyati E. 2011. Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.13, No. 1, Maret 2011: 8-16

Irawan A. 2007. Kewirausahaan UKM Pemikiran dan Pengalaman. Jakarta: Graha Ilmu.

Munizu M. 2010. Pengaruh faktor-iklim bisnis dan internal terhadap kinerja usaha mikro dan kecil (UMK) di Sulawesi Selatan, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 12, 33-41.

Puspitasari. 2013. Pengaruh perilaku kewirausahaan petani anggrek terhadap kinerja usaha: kasus di Kecamatan Gunung Sindur dan Parung, Kabupaten Bogor, dan Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Riyanti BP .2003. Kewirausahaan Dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Jakarta : PT.Grasindo.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.

Downloads

Published

17-03-2020

How to Cite

STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING BERBASIS ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN PEDAGANG PASAR PAKIS KABUPATEN MALANG. (2020). PANGRIPTA, 3(1), 50-61. https://doi.org/10.58411/6nekfw81