EVALUASI CAPAIAN INDEKS KEPUASAN LAYANAN INFRASTRUKTUR

Authors

  • Eko Budi Valianto Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/e1czhh24

Keywords:

kepuasan layanan, infrastruktur

Abstract

Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur (IKLI) merupakan ukuran yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat atas pembangunan infrastruktur oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, yang dalam hal ini adalah Pemerintah Kota Malang. IKLI yang menjadi suatu alat yang menghasilkan gambaran mengetahui perspektif masyarakat secara obyektif, komprehensif dan kredibel, baik dalam aspek pembangunan fisik maupun aspek manfaat. Berdasarkan pendekatan teori sistem, batasan kriteria efektif dalam pengukuran pembangunan tiap jenis infrastruktur yakni: ketersediaan fisik, kualitas fisik, kesesuaian, pemanfaatan dan penyerapan tenaga kerja, pemanfaatan dan kontribusi terhadap perekonomian. Tujuan Penyusunan IKLI Kota Malang secara obyektif adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kinerja pelayanan infrastruktur, meliputi beberapa atribut yang langsung dirasakan oleh masyarakat, yang bermuara pada tingkat kepuasan atas pelayanan infrastruktur di Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 690 responden, yang disebarkan ke 57 kelurahan dengan diwakilkan oleh 1 RW dari masing-masing kelurahan. Metode analisa yang digunakan untuk menghitunh indeks kepuasan layanan infrastruktur menggunakan Pengukuran Skala Likert, metode analisa maupun interpretasi hasil analisa beracuan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017. Dari hasil pengukuran Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur Kota Malang pada tahun 2019 diperoleh nilai 4,14, yang berarti IKLI Kota Malang pada tahun 2019 berada pada rentang kategori puas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adl-Zarrabi, Bijan. 2017. What is ‘Infrastructure Physics’? The 15th International Symposium on District Heating and Cooling. Energy Procedia 132 (2017) 520–524

Avritzer, Alberto, dkk. 2015. Survivability Evaluation of Gas, Water and Electricity Infrastructures. Electronic Notes in Theoretical Computer Science 310 (2015) 5–25

Halim, Raja 2015.Analisis Ketersediaan Infrastruktur Kesehatan Dan Aksebilitas Terhadap Pembangunan KesehatanPenduduk Di Provinsi Sumatera Utara Mukmin Pohan. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Posumah, Ferdy. Pengaruh pembangunan infrastruktur terhadap investasi di Kabupaten Minahasa Tenggara”. Jurnal berkala ilmiah efisiensi, Volume 15 no. 02 tahun 2015, Manado.

Skorobogatova, Oksana andIrina Kuzmina-Merlino. 2017. Transport Infrastructure Development Performance. Conference on Reliability and Statistics in Transportation and Communication, Procedia Engineering 178 (2017) 319 – 329

Sukandar. “Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur”. 28 Agustus 2019. http://www.bappedakaltim.com/index.php/berita/658-indeks-layanan-infrastruktur

Tokunova, Galina. 2017. Assessment of the transport infrastructure influence on urbanagglomerations development. Thirteenth International Conference on Organization and Traffic Safety Management in Large Cities (SPbOTSIC 2018). Transportation Research Procedia 36 (2018) 754–758

Putro, Shandy Widjoyo. Pengaruh kualitas layanan dan kualias produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas kosumen restoran happy garden surabaya. Jurnal manajemen pemasaran, vol. 2 no 1 (2014)

BPS Kota Malang, 2019. Kota Malang dalam Angka.

BPS Kota Malang, 2018. Laporan Eksekutif Potensi Desa Kota Malang tahun 2018

Rancangan Akhir RPJMD Kota Malang Tahun 2018-2023

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Downloads

Published

12-03-2020

How to Cite

EVALUASI CAPAIAN INDEKS KEPUASAN LAYANAN INFRASTRUKTUR. (2020). PANGRIPTA, 3(1), 27-39. https://doi.org/10.58411/e1czhh24