ANALISIS PENGUKURAN ANGKA EKONOMI KREATIF KOTA MALANG

Authors

  • Rukayah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/6f742s06

Keywords:

Ekonomi Kreatif, PDRB, Subsektor, Kota Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menyusun dokumen Pengukuran Angka Ekonomi Kreatif yang berupa PDRB ekonomi kreatif dari 16 subsektor ekonomi kreatif di Kota Malang tahun 2018. (2) memproyeksikan atau melakukan forecasting angka PDRB ekonomi kreatif Kota Malang untuk tahun 2019 sampai 2023. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan data sekunder. Survei dengan sampel sebesar n = 416 lapangan usaha. Perhitungan PDRB Ekonomi kreatif pada penelitian ini menggunakan pendekatan PDRB produksi, yaitu jumlah nilai tambah seluruh aktivitas ekonomi, dimana nilai tambah diperoleh dari output dikurangi konsumsi antara. Hasil penelitian ini adalah: (1) PDRB ADHB total ekonomi kreatif Kota malang melalui survei sebesar Rp. 7,70714 triliun dan PDRB ADHK total ekonomi kreatif Kota malang melalui survei sebesar Rp. 5,616 triliun. (2) Proyeksi dari pertumbuhan PDRB ekonomi kreatif Kota Malang berdasarkan harga konstan meningkat setiap tahunnya, yaitu tumbuh sebesar 8,10% pada tahun 2019, 8,20% tahun 2020, 8,44% tahun 2021, 8,70% tahun 2022 dan tumbuh sebesar 8,93% pada tahun 2023. (3) subsektor unggulan dari ekonomi kreatif Kota Malang adalah kuliner, kriya, dan Fashion, sedangkan untuk subsektor prioritas adalah Aplikasi dan Game Developer; Film, Animasi dan Video; Musik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistika Kota Malang. 2019. Produk Domestik Regional Bruto Kota Malang Menurut Lapangan Usaha, From: https://malangkota.bps.go.id/publication.html [2 september 2019]

BEKRAF. 2017. Laporan penyusunan PDRB ekonomi Kreatif Provinsi Jawa Timur. From: https://www.bekraf.go.id/berita/page/17/laporan-pdrb-ekraf-provinsi-jawa-timur-2010-2016-menurut-lapangan-usaha [1 September 2019].

RI, K. P. (2009). Pengembangan Ekonomi Kreatif In-donesia 2010-2014.

Solimun, Armanu, Fernandes A. A. R. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem. Malang: UB Press.

Suryana, D. 2013. Pengetahuan tentang strategi pembelajaran, sikap, dan motivasi guru. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(2).

UNDP, U. (2008). Creative economy report 2008. The challenge of assessing the creative economy to-wards informed policy-making.

Downloads

Published

09-03-2020

How to Cite

ANALISIS PENGUKURAN ANGKA EKONOMI KREATIF KOTA MALANG. (2020). PANGRIPTA, 3(1), 1-16. https://doi.org/10.58411/6f742s06