POTENSI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) UNTUK PEMBANGUNAN KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.58411/dq5gnf35Keywords:
Corporate Sosial Responsibility, Pembangunan Daerah, SinergitasAbstract
Program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan merupakan perwujudan pembangunan berkelanjutan di daerah yang dapat membantu mengatasi masalah sosial masyarakat melalui kepedulian perusahaan kepada masyarakat berupa program-program pemberdayaan sosial masyarakat serta pelestarian lingkungan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pemetaan potensi perusahaan yang ada di Kota Malang berdasarkan program CSR yang dijalankan. Desain penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Situs penelitian adalah perusahaan-perusahaan di Kota Malang, terpilih 33 perusahaan dengan bidang usaha retail, properti, rumah sakit, BUMD, Perguruan Tinggi, Perbankan dan Pabrik Rokok. Analisis data menggunakan pendekatan naratif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program CSR oleh perusahaan-perusahaan di Kota Malang diwujudkan pada lima kelompok bidang, yaitu bidang sosial pengentasan kemiskinan sebesar 31%; bidang sarana/prasarana lingkungan hidup sebesar 20%, bidang pendidikan dan pengembangan SDM sebesar 19%; bidang kesehatan 16%; dan bidang UMKM sebesar 14%. Jika berdasarkan skala usahanya, maka persentase terbanyak adalah perusahaan dengan kategori usaha besar yaitu dengan jumlah omzet > Rp 50.000.000.000, sedangkan porsi terkecil adalah perusahaan dengan kategori mikro (dengan omzet < Rp 300.000.000). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan CSR di Kota Malang secara umum sudah terlaksana dengan jumlah yang cukup signifikan. Kedepannya penguatan sinergitas antara pemerintah dan sektor swasta diharapakan mampu meningkatkan potensi jumlah dana CSR untuk pembangunan di Kota Malang.
Downloads
References
Buhr, N. (1998). Environmental performance, legislation and annual report disclosure: the case of acid rain and Falconbridge. Accounting, Auditing & Accountability Journal.
Bungi, Burhan, 2020. Post Qualitative Social Research Methods: Kuantitatif-Kualitatif-Mix Methods. Positivism- Postpositivism-Phenomonology- Postmodern. Filsafat, Paradigma, Teori, Metode dan Laporan, Edisi Pertama, Jakarta: Kencana
Creswell, John W. (2016). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Fourth Edition. Sage Publications, Inc. London, United Kingdom.
Deegan, C., & Rankin, M. (1996). Do Australian companies report environmental news objectively? An analysis of environmental disclosures by firms prosecuted successfully by the Environmental Protection Authority. Accounting, Auditing & Accountability Journal.
Freeman, E. R. (1984). Strategic management: a stakeholder approach, ser. Pitman Series in Business and Public Policy. Pitman.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Bidang Penelitian dan Pengembangan (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.