PENGUKURAN INDEKS KEPUASAN LAYANAN INFRASTRUKTUR KOTA MALANG TAHUN 2021

Authors

  • Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/f3gvv919

Keywords:

kepuasan layanan, infrastruktur

Abstract

Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur (IKLI) merupakan ukuran yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat atas pembangunan infrastruktur oleh Pemerintah. IKLI dapat menjadi suatu alat untuk mengetahui gambaran perspektif masyarakat secara obyektif terkait layanan infrastruktur yang diselenggarakan oleh pemerintah. Indikator yang digunakan dalam pengukuran IKLI Kota Malang tahun 2021 meliputi ketersediaan fisik, kualitas fisik, kesesuaian, pemanfaatan, dan kontribusi terhadap perekonomian. Tujuan Penyusunan IKLI Kota Malang tahun 2021 yaitu untuk mengukur capaian indeks kepuasan layanan infrastruktur tahun 2021, menganalisis antara hasil capaian yang diperoleh pada tahun 2021 dengan target/sasaran yang telah ditetapkan, mengkomparasikan capaian indeks kepuasan layanan infrastruktur tahun 2021 dengan hasil forecasting capaian indeks kepuasan layanan infrastruktur tahun 2018-2023, mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan-permasalahan pada hasil review capaian dan target/sasaran indeks kepuasan layanan infrastruktur, serta memberikan rekomendasi kebijakan dan langkah-langkah apa yang perlu dilakukan Pemerintah Kota Malang berdasarkan hasil penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Importance Performance Analysi, Gap Analysis, dan analisis PGCV. Hasil pengukuran IKLI Kota Malang pada tahun 2021 diperoleh nilai 4,23 yang mengalami peningkatan dari hasil pengukuran IKLI tahun sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Grigg, N S. (1988). Infrastructure Engineering And Management. United States: N. p.

Kodoatie, Robert J. (2005). Pengantar Manajemen Infrastruktur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kotler, Philip (2006). Manajemen Pemasaran, jilid I, Edisi kesebelas, Jakarta: P.T Indeks Gramedia.

Kotler , P, dan G. Amstrong. (2009).Dasar-Dasar Pemasaran (Prinsip Pemasaran) Jilid 2 .Jakarta : Erlangga.

Lovelock, C, dan John Wirtz. (2011). Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7. Jakarta : Erlangga.

Mankiw, N. Gregory. 2003. Teori Makro Ekonomi. Jakarta : Erlangga.

Posumah, Ferdy. (2015). Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Terhadap Investasi Di Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 15 No. 02.

Skorobogatova O, Kuzmina I, Merlino . (2017). Transport Infrastructure Development Performance. Procedia Engineering 178. 2017 : Hal 319 –329.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tokunova, Galina. (2017). Transport Infrastructure as a Factor of Spatial Development of Agglomerations (Case Study of Saint Petersburg Agglomeration). Transportation Research Procedia 20 : 649-652.

Downloads

Published

24-11-2022

How to Cite

PENGUKURAN INDEKS KEPUASAN LAYANAN INFRASTRUKTUR KOTA MALANG TAHUN 2021. (2022). PANGRIPTA, 5(2), 1038-1051. https://doi.org/10.58411/f3gvv919