PENGUKURAN PERTUMBUHAN EKONOMI KREATIF KOTA MALANG TAHUN 2021

Authors

  • Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/nwv77j94

Keywords:

ekonomi kreatif, pertumbuhan

Abstract

Ekonomi kreatif adalah perwujudan nilai tambah dari kekayaan intelektual yang bersumber dari kreativitas manusia yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan, dan/atau teknologi. Kota malang mempunyai potensi 16 subsektor ekonomi kreatif yang meliputi arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, fesyen, aplikasi dan game developer, penerbitan, periklanan, televisi dan radio, seni pertunjukan dan seni rupa. Tujuan Pengukuran Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Kota Malang Tahun 2021 yaitu mengukur angka PDRB ekonomi kreatif tahun 2020, melakukan forecasting angka PDRB ekonomi kreatif sebagai capaian tahun 2021, menghitung pertumbuhan angka ekonomi kreatif tahun 2020, menganalisis antara hasil capaian yang diperoleh tahun 2020 dan forecasting 2021 dengan target/sasaran yang telah ditetapkan secara ilmiah dan memberikan rekomendasi kebijakan yang perlu dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang. Metode analisis yang digunakan untuk mengukur PDRB menggunakan pendekatan produksi dan pendekatan deflasi. Sedangkan metode yang digunakan untuk memprediksi forecasting yaitu Weighted Moving Average. PDRB ekonomi kreatif Kota Malang tahun 2020 sebesar Rp.7.267,43 miliar (ADHB) dan Rp.5.374,5 miliar (ADHK). Hasil pengukuran pertumbuhan Ekonomi Kreatif Kota Malang pada tahun 2020 diperoleh nilai -8,85 persen yang mengalami penurunan dari hasil pengukuran tahun sebelumnya dikarenakan pelaku usaha ekonomi kreatif terdampak pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mankiw, N. Gregory. (2007). Macroeconomics, 6th Edition. Worth Publishers, Inc., New York, NY.

Pemerintah Kota Malang. (2018). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Malang Tahun 2018-2023. Kota Malang.

Pemerintah Kota Malang. (2018). Peraturan Walikota Malang Nomor 12 Tahun 2018 tentang Road Map Pengembangan Ekonomi Kreatif Sub Sektor Unggulan Dan Sub Sektor Prioritas Kota Malang Tahun 2018 – 2022. Kota Malang.

Pemerintah Kota Malang. (2019). Penelitian dan Pengukuran Angka Ekonomi Kreatif Kota Malang Tahun 2019. Kota Malang: Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kota Malang.

Pemerintah Kota Malang. (2020). Review Target dan Capaian Pengukuran Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Kota Malang Tahun 2020. Kota Malang: Badan Perencanaan Pembangunan Dearah.

Presiden Republik Indonesia. (2015). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2015 tentang Badan Ekonomi Kreatif. Jakarta.

Presiden republik Indonesia. (2019). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif. Jakarta.

Downloads

Published

23-11-2022

How to Cite

PENGUKURAN PERTUMBUHAN EKONOMI KREATIF KOTA MALANG TAHUN 2021. (2022). PANGRIPTA, 5(2), 1024-1037. https://doi.org/10.58411/nwv77j94