ANALISIS PROGRAM INFRASTRUKTUR KOTA MALANG (TINJAUAN VALUE FOR MONEY)

Authors

  • Damas Dwi Anggoro SmartID Indonesia Author
  • Ima Kumalasari SmartID Indonesia Author
  • Durratun Nashihah SmartID Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/qar8x376

Keywords:

Perencanaan Tata Ruang, Pengukuran Kinerja, Value for Money

Abstract

Infrastruktur kota menjadi dasar penunjang untuk mempermudah mobilitas masyarakat. Perencanaan ruang yang terkendali dan terkoordinir dengan baik memberikan kualitas ruang yang memberikan dampak kemakmuran bagi masyarakat. Setidaknya dari program kegiatan yang telah dilaksanakan dengan anggaran yang besar, masih menyisakan beragai permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengukuran kinerja program kegiatan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Malang berdasarkan tinjauan Value for Money dari sisi ekonomi, efisiensi, dan efektifitas. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus namun untuk memperdalam permasalahan maka analisis data yang digunakan mengacu pada konsep Value for Money. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil pengukuran kinerja dari sisi ekonomis menunjukkan keseluruhan program menunjukkan hasil yang ekonomis, yang ditandai dengan terlaksananya penghematan pada masing-masing program; (2) Hasil pengukuran kinerja yang ditinjau dari sisi efisiensi menunjukan hasil yang efisien, walaupun terdapat 3 program yang meliputi program yang tingkat outputnya tidak sesuai dengan target yang telah ditetapkan, namun hal ini tidak menjadi hambatan untuk mencapai tingkat efisiensinya (3) Hasil pengukuran kinerja yang ditinjau dari sisi efektifitas menunjukkan hasil bahwa hanya terdapat 3 indikator capaian hasil yang dapat dikatakan efektif, yang mana menjadi menarik ketika dilakukan pengukuran namun ketujuh program tidak mencapai sasaran efektivitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adianti, S. Y. (2020). Perencanan Tata Ruang sebagai Upaya Mewujudkan Pembangunan Kota Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(1), 108-117. Retrieved from https://jiap.ub.ac.id/index.php/jiap

Aguswin, A. (2018). Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan. ATAP Jurnal Arsitektur dan Perencanaan, 6(1).

Budihardjo, E. (1997). Tata Ruang Perkotaan. Bandung: Penerbit Alumni.

Cresswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Malang. 2020. LKjIP (Laporan Kinerja Instansi Pemerintah). Malang: DPUPRPKP

Harindra, I. (2019). ANALISIS PENGUKURAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 8(2).

Kristantyo, C., Sebayang, N., Ma, & ruf, A. (2018). Studi Evaluasi Prasarana Pejalan Kaki Pada Ruas Jalan Sekitar Kampus di Kota Malang. Institut Teknologi Nasional Malang.

Lestari, M. (2015, Februari 12). Peran Pemerintah dan Masyarakat Dalam Pengadaan Tanah Untuk Infrastruktur Perkotaan (Studi Kasus Proyek Jembatan Kedungkandang, Kota Malang. Retrieved 07 05, 2022, from Repository ub: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143211

Mardiasmo. (2018). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

Muchlisin, R. (2022, July 28). Value for Money (Pengertian, Manfaat, Indikator dan Pengukuran). Retrieved from Kajian Pustaka: https://www.kajianpustaka.com/2020/05/value-for-money.html

Pemerintah Kota Malang. 2020. RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Malang

Purnomo, B. S., & Putri, C. (2018). Akuntabilitas, Transparansi, Pengawasan dan Kinerja Anggaran Berkonsep Value for Money. Jurnal Riset Akuntansi Keuangan, 6(3), 467-476.

Purwiyanti, D. (2017). Analisis Kinerja Berbasis Konsep Value for Money pada Kegiatan Fisik Pekerjaan Irigasi Donggala Kodi. e Jurnal Katalogis, 5(3), 190-200.

Rezky, A. M. (2014). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Pengawasan terhadap Kinerja Anggaran berkonsep Value for Money pada Instansi Pemerintah di Kabupaten Bone. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Rumagit, I. B., Karamoy, H., & Afandi, D. (2022). Analisis Pengukuran Kinerja Instansi Pemerintah Dengan Menggunakan Konsep Value For Money Pada Dinas Pariwisata Kota Manado. Jurnal Riset Akuntansi, 13-22.

Sakdiah, C., & Rahmawati, D. (2020). Strategi Penanganan Permukiman Kumuh Kawasan DAS Metro Kota Malang Berdasarkan Suistainable Development Goals. Jurnal Teknik ITS, 9(1), 223-240.

Tarigan, R. (2015). Perencanaan Pembangunan Wilayah. Jakarta: Bumi Aksara.

Tusya'dah, K. (2017). Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Penanganan Kualitas Pemukiman Kumuh Kelurahan Bareng Kota Malang. Malang: Institut Teknologi Nasional .

Wandari, L. T. (2015). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Ketepatan Waktu dan Pengawasan Interna terhadap Kinerja Anggaran berkonsep Value for Money pada Instansi Pemerintah Kabupaten Buleleng. Bali: Fakultas Ekonomi.

Wiguna, S., Yuniartha, G., & Surya, D. N. (2015). Pengaruh Pengawasan Keuangan Daerah, Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolan Keuangan Daerah terhadap Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng. Jurnal Akuntansi, 3(1).

Downloads

Published

17-11-2022

How to Cite

ANALISIS PROGRAM INFRASTRUKTUR KOTA MALANG (TINJAUAN VALUE FOR MONEY). (2022). PANGRIPTA, 5(2), 994-1006. https://doi.org/10.58411/qar8x376