ANALISIS KETERKAITAN IMPLEMENTASI REFORMASI BIROKRASI ANTAR WILAYAH DI JAWA TIMUR

Authors

  • Akhmad Amirudin SmartID Indonesia Author
  • Amalia Rahmawati SmartID Indonesia Author
  • Yahya Fahmi SmartID Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/cf7ncm29

Keywords:

Reformasi Birokrasi, Autokorelasi Spasial, Jawa Timur

Abstract

Reformasi birokrasi merupakan upaya dasar manajemen yang diharapkan akan membawa hasil yang baik dalam perubahan sistem dan struktur. Reformasi birokrasi yang efektif bergantung pada informasi melalui jaringan komunikasi interpersonal. Sebagian besar penelitian sebenarnya telah mempelajari struktur dan pentingnya penyampaian layanan publik, namun mengabaikan keterkaitan interaksi antara anggota jaringan. Padahal meningkatnya kompleksitas dalam manajemen publik telah menghasilkan pertumbuhan jaringan aktor yang beroperasi secara saling bergantung, secara bersama-sama menghasilkan layanan publik. Selain itu pengalaman empiris proses reformasi birokrasi beberapa negara juga mengungkapkan bahwa reformasi birokrasi terutama dipengaruhi oleh interaksi politik birokrat dan politisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur dalam indeks reformasi birokrasi. Metode analisis yang digunakan adalah autokorelasi spasial. Hasil analisis menunjukkan terdapat keterkaitan beberapa wilayah di Jawa Timur dalam indeks reformasi birokrasi. Yaitu Kota Malang dan Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2018, Kabupaten Sampang tahun 2018, serta Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Sampang tahun 2020. Perkembangan pelaksanaan reformasi birokrasi Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur tahun 2018-2022 terus meningkat, walaupun belum signifikan. Oleh sebab itu upaya peningkatan indeks reformasi birokrasi harus terus dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agranoff, R., & McGuire, M. (2003). Collaborative public management: New strategies for local governments. Georgetown University Press.

Aji, M. Q. (2019). Bureaucratic Reform: A Case Study in Secretariat General of the Ministry of Education and Culture. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik, 9(2), 203-212.

Alexander, D., Lewis, J. M., & Considine, M. (2011). How politicians and bureaucrats network: a comparison across governments. Public Administration, 89(4), 1274-1292

Anselin, L. (1995). Local indicators of spatial association—LISA. Geographical analysis, 27(2), 93-115.

Baker, W. E. (1990). Market networks and corporate behavior. American journal of sociology, 96(3), 589- 625.

Burt, R. S. (1978). A structural theory of interlocking corporate directorates. Social Networks, 1(4), 415-435.

Chen, Y. (2013). New approaches for calculating Moran’s index of spatial autocorrelation. PloS one, 8(7), e68336.

Cross, R. L., & Parker, A. (2004). The hidden power of social networks: Understanding how work really gets done in organizations. Harvard Business Press.

Dasandi, N., & Esteve, M. (2017). The politics–bureaucracy interface in developing countries. Public Administration and Development, 37(4), 231-245.

Dwiyanto, A. (2013). Mengembalikan kepercayaan publik melalui reformasi birokrasi. Gramedia Pustaka Utama.

Galaskiewicz, J., & Marsden, P. V. (1978). Interorganizational resource networks: Formal patterns of overlap. Social science research, 7(2), 89-107.

Gaus, N., Sultan, S., & Basri, M. (2017). State bureaucracy in Indonesia and its reforms: An overview. International Journal of Public Administration, 40(8), 658-669.

Getis, A. (2007). Reflections on spatial autocorrelation. Regional Science and Urban Economics, 37(4), 491-496.

Gulati, R. (1995). Social structure and alliance formation patterns: A longitudinal analysis. Administrative science quarterly, 619-652.

Gulati, R., & Gargiulo, M. (1999). Where do interorganizational networks come from?. American journal of sociology, 104(5), 1439-1493.

Hutahaean, M., & Pasaribu, J. (2022). Bureaucratic Reform and Changes in Public Service Paradigm Post-Decentralization in Indonesia: 2001-2010. KnE Social Sciences, 795-810.

Kettl , D.F . 2002 . The Transformation of Governance . Baltimore, MD : Johns Hopkins University Press .

Kilduff, M., & Tsai, W. (2003). Social networks and organizations. Sage.

Krisnajaya, I. M., Suripto, S., Dewi, N. P., Sulistiyani, A. T., & Laksana, L. U. A. (2019). The Political Process of Bureaucratic Reform: Wonosobo Regional Government Experience from 2011-2015. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 23(2), 135-149.

Labolo, M., & Indrayani, E. (2017). Bureaucratic reform and the challenge of good governance implementation in Indonesia. Journal Of Asian Review Of Public Affair And Policy, 2(4), 25-47.

Lazega, E., & Pattison, P. E. (1999). Multiplexity, generalized exchange and cooperation in organizations: a case study. Social networks, 21(1), 67-90.

Lee, J., & Wong, D. W. (2001). Statistical analysis with ArcView GIS. John Wiley & Sons

Downloads

Published

03-11-2022

How to Cite

ANALISIS KETERKAITAN IMPLEMENTASI REFORMASI BIROKRASI ANTAR WILAYAH DI JAWA TIMUR. (2022). PANGRIPTA, 5(2), 932-943. https://doi.org/10.58411/cf7ncm29