PENYUSUNAN ANALISA INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA KOTA MALANG TAHUN 2017

Authors

  • Siswanto Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, Sosial dan Budaya Kota Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/by4eav23

Keywords:

IPM, pembangunan wilayah, Kota Malang

Abstract

IPM merupakan indikator komposit tunggal untuk mengukur tiga dimensi pokok pembangunan manusia yang dinilai mencerminkan status kemampuan dasar (basic capabilities) penduduk. Ketiga kemampuan dasar itu adalah umur panjang dan sehat yang mengukur peluang hidup, berpengetahuan dan berketrampilan, serta akses terhadap sumberdaya yang dibutuhkan untuk mencapai standar hidup layak.IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (masyarakat/penduduk). IPM dapat menentukan peringkat atau level pembangunan suatu wilayah/negara. Maka dari itu kajian ini dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui IPM Kota Malang sebagai upaya untuk pemenuhan dan peningkatan standar hidup masyarakat di Kota Malang. Sumber data yang digunakan dalam adalah: Angka harapan hidup saat lahir (Sensus Penduduk 2010-SP2010, Proyeksi Penduduk), Angka harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah (Survei Sosial Ekonomi Nasional/Susenas), PNB per kapita tidak tersedia pada tingkat provinsi dan kabupaten/kota, sehingga diproksi dengan pengeluaran per kapita disesuaikan menggunakan data Susenas., Penentuan nilai maksimum dan minimum menggunakan Standar UNDP untuk keterbandingan global, kecuali standar hidup layak karena menggunakan ukuran rupiah.IPM mengukur pencapaian pembangunan manusia dalam tiga dimensi. Ketiga dimensi tersebut adalah dimensi umur panjang dan sehat, dimensi pengetahuan dan kehidupan yang layak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andaiyani. 2012. Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia, Pertumbuhan Ekonomi, dan Belanja Operasional terhadap Jumlah Alokasi Belanja Modal pada Pemerintahan Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat. Ringkasan Thesis; Pontianak, Program Pascasarjana Universitas Tanjungpura.

Hendrik L. Blum M.D. 1974. Planning For Health. New York: Human Scence Press.

Laporan Kinerja Tahunan Dinas Kesehatan Kota Malang Tahun 2017

Melliana,A.& Zain,I. 2013. Analisis Statistika Faktor yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur dengan Menggunakan Regresi Panel. Jurnal Sains dan Seni Pomits, Volume 2, Nomor 2.

UNDP, 2007. Human Development Report 2007/2008. New York: Palgrave Macmillan.

______. 2008. Human Development Report 2007/2008. United Nations University Press. Yogyakarta

Downloads

Published

28-03-2019

How to Cite

PENYUSUNAN ANALISA INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA KOTA MALANG TAHUN 2017. (2019). PANGRIPTA, 2(1). https://doi.org/10.58411/by4eav23