ANALISIS SENTIMEN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAPEFEKTIVITAS EARLY WARNING SYSTEM BENCANA BANJIR DI KOTAMALANG MENGGUNAKAN PEMBOBOTAN TF-IDF

Authors

  • Rahmat Hartawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang Author
  • Muhammad Faza Imani Putra Universitas Brawijaya Author
  • Sasya Kharisma Universitas Brawijaya Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/hceqw437

Keywords:

Analisis Sentimen, EWS Banjir, Persepsi Masyarakat, TF-IDF

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen persepsi masyarakat terhadap  Efektivitas Early Warning System (EWS) bencana banjir di Kota Malang. Akan dilakukan  Analisis Sentimen menggunakan pembobotan TF-IDF pada data awal. Data awal diperoleh dari wawancara perorangan dengan masyarakat yang pernah mengalami banjir di sekitar area EWS,  didapat sebanyak 13 responden. Data tersebut kemudian diproses dengan tahap preprocessing,  pelabelan, dan pembobotan TF-IDF. Penelitian ini dilakukan pada 6 titik alat EWS dengan  purposive sampling berdasarkan area yang kemungkinan mendengar suara peringatan alat  EWS dengan syarat responden pernah mengalami banjir dan mengetahui keberadaan EWS di  area tersebut. Dari hasil analisis sentimen, ditemukan bahwa masyarakat memiliki dua fokus  utama dalam efektivitas EWS Banjir yaitu aspek suara dan aspek ketepatan waktu. Namun  Masyarakat masih memiliki persepsi yang negatif terhadap efektivitas EWS bencana banjir di  Kota Malang. Saran untuk penelitian berikutnya adalah sebaiknya menambah jumlah  responden karena responden pada penelitian ini cukup sedikit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyani, D. R., Afdal, M., & Monalisa, S. (2023, Juni). Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Penghapusan Honorer Berdasarkan Opini Dari Twitter Menggunakan Naïve Bayes Classifier. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 5, 49-58.

Gunawan, B., Pratiwi, H. S., & Pratama, E. E. (2018, Desember). Sistem Analisis Sentimen pada Ulasan Produk Menggunakan Metode Naive Bayes. JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), 4, 113-118.

Jo, T. (2019). Text Mining: Concepts, Implementation, and Big Data Challenge. Springer.

Santoso, H., Armansyah, & Desliani, D. (2022, Agustus). Analisis Sentimen Mahasiswa Terkait Pembelajaran Tatap Muka Menggunakan Metode Na�� ̈ve Bayes Classifier. Techno.COM, 21, 644-654.

Yanis, R. Y., & Iriani, A. (2018, Oktober). Analisis Sentimen terhadap Pelayanan BPJS Kesehatan pada Guru – guru SMK Eklesia Dan Bina Insani Jailolo. JUTEI, 2, 113-122.

Downloads

Published

29-09-2023

How to Cite

ANALISIS SENTIMEN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAPEFEKTIVITAS EARLY WARNING SYSTEM BENCANA BANJIR DI KOTAMALANG MENGGUNAKAN PEMBOBOTAN TF-IDF. (2023). PANGRIPTA, 6(2), 99-108. https://doi.org/10.58411/hceqw437