EKSISTENSI GOVERNANSI DIGITAL PEMERINTAH KOTA MALANG MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.58411/yd9qte86Keywords:
Konten, Instagram, Media sosial, Pemerintah Kota MalangAbstract
Artikel ini berangkat dari maraknya penggunaan media sosial instagram yang seiring berjalannya waktu banyak digemari dan menjadi pusat informasi serta layanan kepada publik oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi dan pola yang seharusnya dapat dimaksimalkan oleh Pemerintah Kota Malang dalam memaksimalkan konten unggahan yang ada di instagram. Dalam penelitian ini, peneliti memilih konten analisis kualitatif sebagai jenis penelitihan kualitatif, dengan memaksimalkan studi dokumentasi sebagai sumber data primer.
Temuan dalam penelitian ini di antaranya bahwa unggahan akun instagram Pemerintah Kota Malang meliputi operasi, informasi, edukasi, promosi, dan simbolik. Sedangkan eksistensi unggahan akun milik Pemerintah Kota Malang masih pada taraf kontinuitas posting.
Downloads
References
Ali Saif Al-Aufi, Al-Harthi, I., AlHinai, Y., Al-Salti, Z., & Al-Badi, A. (2017). Citizens’ perceptions of government’s participatory use of social media. Transforming Government: People, Process and Policy, 11(2), 174–194. https://doi.org/10.1108/TG-09-2016-0056
Alyusi, S. D. (2019). Media sosial: Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Prenada Media.
Anggadwita, G., Alfisyahrina, N. A., & Ghina, A. (2021). Pemetaan Komunikasi Walikota Kediri Melalui Instagram Terkait Dukungan Pemerintah Terhadap UMKM (Periode 20 Agustus 2019 – 20 November 2020). Journal of Integrated System, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.28932/jis.v4i2.4121
Artianasari, N., & Qadaruddin, M. (2022). Strategi Komunikasi Polres Menangani Hoax di Media Sosial Melalui CPR. Palita: Journal of Social Religion Research, 7(2), 167–182.
Budi Gunawan & Barito Mulyo Ratmono. (2021). Media Sosial Di Antara Dua Kutub: Sisi Baiknya Luar Biasa, Sisi Buruknya Bisa Membuat Binasa. PT. Rayyana Komunikasindo.
Budiyono, B. (2015). Hubungan Negara Dan Agama Dalam Negara Pancasila. FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum, 8(3). Https://Doi.Org/10.25041/Fiatjustisia.V8no3.305
Das`Ad Latif. (2022). Media Sosial, Suatu Alternatif. Elex Media Komputindo.
Dian Prajarini. (2020). Media Sosial Periklanan Instagram. Deepublish.
Dr Dewa Gede Sudika Mangku, S. H. LL.M, Ni Putu Rai Yuliartini, S. H. M.H, & Ni Ketut Sari Adnyani, S. Pd M.Hum. (2022). Formulasi Kebijakan Ekonomi Bangkit Terhadap Eksistensi Industri Kreatif Pedesaan Sebagai Bentuk Resiliensi Perlindungan Hukum UMKM Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Buleleng. Penerbit Lakeisha.
Fiandra, Y. A., Ganefri, & Yulastri, A. (N.D.). Digital Entrepreneurship: Digital Technology For Sustainable Entrepreneurship. CV Berkah Prima.
Ilham. (2021). E-Governance. Deepublish.
Krippendorff, K. (2004). Content Analysis: An Introduction To Its Methodology (2nd Ed). Sage.
Mainka, A., Hartmann, S., Stock, W. G., & Peters, I. (2015). Looking For Friends And Followers: A Global Investigation Of Governmental Social Media Use. Transforming Government: People, Process And Policy, 9(2), 237–254. Https://Doi.Org/10.1108/TG-09-2014-0041
Mantiri, J., & Polii, E. H. (2023). Governansi Digital Tantangan Dan Peluang Untuk Masa Depan Pemerintahan. Penerbit Underline.
Purbokusumo, Y., & Santoso, A. D. (2021). Predictor For Local Government Social Media Use In Indonesia. Digital Policy, Regulation And Governance, 23(6), 533–552. Https://Doi.Org/10.1108/DPRG-12- 2018-0082
Raditya Dava Mahendra. (2023, March 31). FILOSOFI Logo HUT Ke-109 Kota Malang Terbaru, Yuk Intip! - About Malang. Www.Aboutmalang.Com. Https://Www.Aboutmalang.Com/M alang-Raya/1428284680/Filosofi Logo-Hut-Ke-109-Kota-Malang Terbaru-Yuk-Intip
Sagiyanto, A., Suryani, I., & Liliyana, L. (2021). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Tangerang Dalam Upaya Mempromosikan Destinasi Wisata Melalui Instagram (@Humas_Kota_Tangerang)Jurnal Komunikasi, 12(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.31294/Jkom.V1 2i2.11834
Shafira Anindyanari, Widjanarko, W., & Widodo, B. (2021). Manajemen Konten Instagram Milik Pemerintah Dalam Promosi Potensi Pariwisata Daerah Di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 17(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.20884/1.Actadiurna.2021.17.1.3867
Supriadi, H. (2022). Tourism And Social Media. CV Jejak (Jejak Publisher).
Yavetz, G., & Aharony, N. (2020). Social Media In Government Offices: Usage And Strategies. Aslib Journal Of Information Management, 72(4), 445–462. https://doi.org/10.1108/AJIM-11- 2019-0313
Zavattaro, S. M., & Brainard, L. A. (2019). Social media as micro encounters: Millennial preferences as moderators of digital public value creation. International Journal of Public Sector Management, 32(5), 562–580. https://doi.org/10.1108/IJPSM-02- 2018-0059
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ammar Zainuddin (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.