ANALISIS PERENCANAAN PENGEMBANGAN “SMART BRANDING”  KOTA MALANG

Authors

  • Suhartono Winoto Universitas Brawijaya Author
  • Ima Kumalasari Center of Policy and Development Studies Author
  • Ulfa Binada Center of Policy and Development Studies Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/d0794s92

Keywords:

smart branding, city branding, smart city, Kota Malang, inklusi sosial dan keberlanjutan

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, city branding yang cerdas (smart branding) telah  menjadi penting dalam pertumbuhan ekonomi kota-kota di seluruh dunia. Kota Malang,  sebagai salah satu kota terbesar di Jawa Timur, Indonesia, telah mengadopsi konsep smart  branding untuk membentuk identitas dan persepsi lokal yang kuat. Smart branding merupakan  pendekatan strategis yang mengintegrasikan teknologi inovatif, keterlibatan masyarakat, dan  praktik pembangunan berkelanjutan. Kota Malang memperlihatkan komitmen dalam  membangun citra yang unik dengan memanfaatkan keberlanjutan dan keunggulan budaya.  Studi ini membahas penerapan smart branding di Kota Malang melalui beberapa program dan  inisiatif. Selain itu metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan kualitatif  untuk memahami potensi smart branding Kota Malang. Analisis dilakukan dengan  mengumpulkan data dari Pemerintah Daerah Kota Malang dan menganalisis dokumen  perencanaan Kota Malang. Hasil studi ini menggambarkan eksistensi dan keberhasilan smart  branding di Kota Malang melalui program-program yang telah dilaksanakan. Lebih lanjut  adanya beberapa strategi smart branding yang telah berhasil diimplementasikan di Kota  Malang, seperti Malang City Tour (MACITO), Malang Creative Center (MCC), Malang  Creative City EKRAF Malang, dan aplikasi Info Turis Malang. Strategi-strategi ini telah  membantu mengubah citra kota dan memperkuat identitas kota sebagai pusat pariwisata yang  berkembang, dinamis, dan kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprianto, I. (2023). Fasilitasi Umkm Melalui Malang Creative Center Di Kota Malang. Journal Political Science. Https://Etd.Umm.Ac.Id/Id/Eprint/3 615

Ardhaniswari, Ayu, K., Prayudi., Ninik., Probosari. (2021). The Quadro Helix Communication Models Approach In Developing Creative City Of Malang. International Journal Of Social Science.

Atmaja, T., Yanagihara, M., & Fukushi, K. (2020). Geospatial Valuation Of Urban Farming In Improving Cities Resilience: A Case Of Malang City, Indonesia. Https://10.5194/Isprs-Archives-Xliii-B5-2020-107-2020

Darmawan, V.E.B., Larasati, A., Mu’id, A., Maulidin, M.V.I., Susanto, W.N., Ruth. Y. (2022). Implementasi Digital Branding Pada Umkm Bidang Kuliner Di Kota Malang Dalam Rangka Akselerasi Umkm Go-Digital. Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Teknologi (Jp2t). Doi:10.17977/Um080v3i12022p33-39

Furzaen, A.R. (2019). Penerapan Study Tour Dengan Bus Malang City Tour (Macyto) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Perang Kemerdekaan Di Malang Pada Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 4 Malang. Diploma Thesis. Universitas Negeri Malang. Http://Repository.Um.Ac.Id/91019/

Hartatik, S., & Itaya, A. (2019). The Current Status Of Green Space Around Elementary Schools: A Case Study Of Malang, Indonesia. Https:// /10.20659/Jfp.2019.001

Hidayat, M.T., & Sunarharum, T.M. (2023). Keterikatan Program Inovasi Smart Branding Dengan Pendapatan Asli Daerah Di Sektor Pariwisata Kota Bandung. Jurnal Multidisiplin West Science. Doi:10.58812/Jmws.V2i5.324

Ivani, S.Z.N. (2015). Pengaruh City Branding “Enjoy Jakarta” Terhadap Citra Kota Dan Keputusan Berkunjung Youth Traveler Ke Jakarta.

Nurhasan, U., Pradibta, H., Suryadi, S.B., & Alfinda, A. (2019). Smart Tourist Guide Application For The Introduction Of Malang City Tourism Potential Using Hybrid Technology. Journal Of Physics: Conference Series, 1402. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1402/6/066051

Patabuga, R., Purnomo, E., Kasiwi, A. (2019). Pengembangan Smart Branding Sebagai Langkah Awal Menuju Terwujudnya Smart City Di Kota Tomohon. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 5 (2). Doi:10.35906/Jep01.V5i2.420

Prasetya, A. B., & Pujarama, W. (2019). Kiprah Heritage Sebagai Simbolisasi City Branding Dan Good Governance (Studi Semiotika Komunikasi Publik Pada Kampoeng Heritage Kajoetangan Sebagai Bagian City Branding Kota Malang). Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(2), 234-244. Https://Doi.Org/10.38043/Jids.V3i2.2200

Rusdian, R.A.P., Praseyto, A. B. (2020). Pembuatan Aplikasi Sebagai Penanda Mengenai Kampung Kreatif Tematik Pada Smart Branding Kota Bogor Berbasis Android. Jurnal Multi Media Dan It. Doi: Https://Doi.Org/10.46961/Jommit.V 4i2.332

Downloads

Published

13-09-2023

How to Cite

ANALISIS PERENCANAAN PENGEMBANGAN “SMART BRANDING”  KOTA MALANG. (2023). PANGRIPTA, 6(2), 43-52. https://doi.org/10.58411/d0794s92