ANALISIS PERENCANAAN PENGEMBANGAN “SMART BRANDING” KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.58411/d0794s92Keywords:
smart branding, city branding, smart city, Kota Malang, inklusi sosial dan keberlanjutanAbstract
Dalam beberapa tahun terakhir, city branding yang cerdas (smart branding) telah menjadi penting dalam pertumbuhan ekonomi kota-kota di seluruh dunia. Kota Malang, sebagai salah satu kota terbesar di Jawa Timur, Indonesia, telah mengadopsi konsep smart branding untuk membentuk identitas dan persepsi lokal yang kuat. Smart branding merupakan pendekatan strategis yang mengintegrasikan teknologi inovatif, keterlibatan masyarakat, dan praktik pembangunan berkelanjutan. Kota Malang memperlihatkan komitmen dalam membangun citra yang unik dengan memanfaatkan keberlanjutan dan keunggulan budaya. Studi ini membahas penerapan smart branding di Kota Malang melalui beberapa program dan inisiatif. Selain itu metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan kualitatif untuk memahami potensi smart branding Kota Malang. Analisis dilakukan dengan mengumpulkan data dari Pemerintah Daerah Kota Malang dan menganalisis dokumen perencanaan Kota Malang. Hasil studi ini menggambarkan eksistensi dan keberhasilan smart branding di Kota Malang melalui program-program yang telah dilaksanakan. Lebih lanjut adanya beberapa strategi smart branding yang telah berhasil diimplementasikan di Kota Malang, seperti Malang City Tour (MACITO), Malang Creative Center (MCC), Malang Creative City EKRAF Malang, dan aplikasi Info Turis Malang. Strategi-strategi ini telah membantu mengubah citra kota dan memperkuat identitas kota sebagai pusat pariwisata yang berkembang, dinamis, dan kreatif.
Downloads
References
Aprianto, I. (2023). Fasilitasi Umkm Melalui Malang Creative Center Di Kota Malang. Journal Political Science. Https://Etd.Umm.Ac.Id/Id/Eprint/3 615
Ardhaniswari, Ayu, K., Prayudi., Ninik., Probosari. (2021). The Quadro Helix Communication Models Approach In Developing Creative City Of Malang. International Journal Of Social Science.
Atmaja, T., Yanagihara, M., & Fukushi, K. (2020). Geospatial Valuation Of Urban Farming In Improving Cities Resilience: A Case Of Malang City, Indonesia. Https://10.5194/Isprs-Archives-Xliii-B5-2020-107-2020
Darmawan, V.E.B., Larasati, A., Mu’id, A., Maulidin, M.V.I., Susanto, W.N., Ruth. Y. (2022). Implementasi Digital Branding Pada Umkm Bidang Kuliner Di Kota Malang Dalam Rangka Akselerasi Umkm Go-Digital. Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Teknologi (Jp2t). Doi:10.17977/Um080v3i12022p33-39
Furzaen, A.R. (2019). Penerapan Study Tour Dengan Bus Malang City Tour (Macyto) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Perang Kemerdekaan Di Malang Pada Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 4 Malang. Diploma Thesis. Universitas Negeri Malang. Http://Repository.Um.Ac.Id/91019/
Hartatik, S., & Itaya, A. (2019). The Current Status Of Green Space Around Elementary Schools: A Case Study Of Malang, Indonesia. Https:// /10.20659/Jfp.2019.001
Hidayat, M.T., & Sunarharum, T.M. (2023). Keterikatan Program Inovasi Smart Branding Dengan Pendapatan Asli Daerah Di Sektor Pariwisata Kota Bandung. Jurnal Multidisiplin West Science. Doi:10.58812/Jmws.V2i5.324
Ivani, S.Z.N. (2015). Pengaruh City Branding “Enjoy Jakarta” Terhadap Citra Kota Dan Keputusan Berkunjung Youth Traveler Ke Jakarta.
Nurhasan, U., Pradibta, H., Suryadi, S.B., & Alfinda, A. (2019). Smart Tourist Guide Application For The Introduction Of Malang City Tourism Potential Using Hybrid Technology. Journal Of Physics: Conference Series, 1402. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1402/6/066051
Patabuga, R., Purnomo, E., Kasiwi, A. (2019). Pengembangan Smart Branding Sebagai Langkah Awal Menuju Terwujudnya Smart City Di Kota Tomohon. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 5 (2). Doi:10.35906/Jep01.V5i2.420
Prasetya, A. B., & Pujarama, W. (2019). Kiprah Heritage Sebagai Simbolisasi City Branding Dan Good Governance (Studi Semiotika Komunikasi Publik Pada Kampoeng Heritage Kajoetangan Sebagai Bagian City Branding Kota Malang). Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(2), 234-244. Https://Doi.Org/10.38043/Jids.V3i2.2200
Rusdian, R.A.P., Praseyto, A. B. (2020). Pembuatan Aplikasi Sebagai Penanda Mengenai Kampung Kreatif Tematik Pada Smart Branding Kota Bogor Berbasis Android. Jurnal Multi Media Dan It. Doi: Https://Doi.Org/10.46961/Jommit.V 4i2.332
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Suhartono Winoto, Ima Kumalasari, Ulfa Binada (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.