KAJIAN PENYUSUNAN RTBL SUB BWP PRIORITAS PADA BWP MALANG TENGAH

Authors

  • M. Anis Januar Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kota Malang Author
  • Tri Suciati Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kota Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/78q1a989

Keywords:

RTBL, Sub BWP, Malang Tengah

Abstract

Kota Malang merupakan wilayah strategis dan perkembangan wilayahnya sangat pesat. Perkembangan wilayah Kota Malang harus di imbangi dengan desain perencanaan pembangunan dan lingkungan, sehingga dapat menjadi daya tarik wilayah, memperlancar pelaksanaan tugas di bidang pemerintahan dan peningkatan pelayanan masyarakat.Penelitian ini bertujuan sebagai kajian Rencana Tata Bangunan Lingkungan (RTBL) pada sub Bagian Wilayah Perencanaan (BWP) Malang Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan mixed method dengan pendekatan kualititatif dan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk analisis indikator kajian RTBL berupa prospek pertumbuhan ekonomi, daya dukung fisik lingkungan, daya dukung prasarana dan fasilitas lingkungan, dan analisis mikro kawasan. Pendekatan kualitatif digunakan untuk analisis kawasan makro Kota Malang. Hasil kajian RTBL Sub BWP Malang Tengah didasarkan atas beberapa analisis, meliputi analisis kawasan makro yang meliputi sejarah arsitektur Kota Malang, prospek pertumbuhan ekonomi, daya dukung fisik dan lingkungan, daya dukung prasarana dan fasilitas lingkungan. Analisis kawasan mikro meliputi analisis kesesuaian dan kelayakan lahan, penggunaan lahan, analisis lahan makro, dan analisis koofisien bangunan. Masing-masing analisis yang digunakan memberikan penilaian mengenai penyusunan RTBL BWP Malang Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas Tashakori. 2010. Mixed Methods In Social&Behavior Research. USA:SAGE Publication. Inc.

Bayu, Chandra,. Kurniadi, Ferry., Yanuar. (2014). Penataan Bangunan dan Lingkungan Kawasan Bumi Sebalo Kota Bengkayang. Vokasi , 78-88.

Creswell, John W. (2007). Research Design : Qualitative, Quantitative, and mixed methods approaches. Thousand Oaks, California. SAGE Publications.

Ekawati, Natalia., Soeadiy, Muchammad., Ribawanto, Heru. (2014). Kajian Pengembangan Pembangunan Kota Malang Terhadap Kemacetan Lalu Lintas.Jurnal Administrasi Publik , 129-133.

Handinoto, 1996. Perkembangan Kota dan Arsitektur Kolonial Belanda di Surabaya 1870-1940. Kerjasama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Kristen Petra Surabaya dan Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Mulyadi, L. (2014). Kajian Bangunan Bersejarah di Kota Malang sebagai Pusaka Kota (Urban Heritage) Pendekatan Persepsi Masyarakat. IPLBI, (pp. 1-6).

Purwanto, Eko., Kamilah, Nurul. (2013). Penerapan Kawasan KKOP Berdasarkan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan di Kabupaten Tanatoraja.Geomatika , 147-53.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 06/PRT/M/2007, tentang Pedoman Umum Rencana Tata Bangunan Dan Lingkungan

Suryorini, S. (2010). "Karsten" dalam Perencanaan Kota dan Pemukiman di Kota Malang. Nalars , 117-138.

Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Wikantiyoso, R., (2005). Paradigma Perencanaan danPerancangan Kota. Malang: UPT Cetak FT UNMER

Downloads

Published

13-03-2018

How to Cite

KAJIAN PENYUSUNAN RTBL SUB BWP PRIORITAS PADA BWP MALANG TENGAH. (2018). PANGRIPTA, 1(1), 47-56. https://doi.org/10.58411/78q1a989