ANALISIS INTENSITAS BERWIRAUSAHA PADA UMKM DI KOTA MALANG

Authors

  • Endang Sungkawati Universitas Wisnuwardhana Malang Author
  • Alfira Rossadian Universitas Wisnuwardhana Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/1wvbqv91

Keywords:

MSMEs, entrepreneurship, intensity

Abstract

Seorang wirausaha tentu mempunyai kekuatan yang melatarbelakangi keinginan untuk berwirausaha, kekuatan yang dimaksud dinamakan sebuah intensitas. Penelitian ini diangkat berdasarkan fenomena perkembangan UMKM di Kota Malang yang ditandai dengan munculnya berbagai bidang usaha yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap alasan-alasan yang timbul dari pelaku UMKM di Kota Malang sebagai wujud terbentuknya suatu intensitas berwirausaha. Yang dijadikan unit analisis adalah dari faktor inspirasi, imbalan, kepribadian dan lingkungan. Pendekatan analisis yang dilakukan untuk mengetahui intensitas berwirausaha pada pelaku UMKM di Kota Malang dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil Penelitian menyebutkan bahwa intensitas berwirausaha terbentuk atas dasar : 1) inspirasi, yaitu adanya ide atau peluang usaha, impian untuk sukses, datang dari orang sukses dan penghasilan seorang wirausaha tidak terbatas. 2) imbalan yang didapat 3) kepribadian yang sudah tertanam dalam diri individu, 4) faktor lingkungan sekitar baik internal maupun eksternal. Berdasarkan hasil tersebut, 1) Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang untuk terus melakukan pemantauan dan memberikan program yang menunjang perkembangan UMKM di Kota Malang. 2) Bagi UMKM di Kota Malang, untuk terus meningkatkan mental kewirausahaan dan terus mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan produk baru dan unik untuk menunjang citra positif UMKM di Kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aam Bastaman dan Riffa Juffiasar, 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pe- ngambilan Keputusan Bagi Wanita Berwirausaha (Studi Kasus Anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia DKI Jakarta). Prosiding Seminar Nasional 4 thUNS SME’s Summit & Awards

Anonim. 2017. Data UMKM. (Online), (http://www.depkop.go.id/), diakses 24 Nopember 2017 : 16.50 WIB).

Anonim. 2017. Perkembangan Jumlah UMKM di Indonesia Tahun 2017. (Online (http://www.lisubisnis.com/), diakses 24 Nopember 2017 : 17.15 WIB).

Azizah, Nur. 2017. Pengaruh Intensitas Mengikuti Bimbingan Islam Terhadap Spiritual Quotient (SQ) di Panti Asuhan Arrabithah Al-Alawiyah Daarul Aitam Kota Pekalongan. Skripsi. Semarang : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo.

Christian Korunka, Hermann Frank, Manfred Lueger, 2003. The Entrepreneurial Personality in the Context of Resources, Environment, and the Startup Process—A Configurational Approach. Journal Entrepreneurship Theory and Practice Volume: 28 issue: 1, page(s): 23-42

Fatimah, Cut Erika Ananda, 2017. Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wanita Muslimah Di Wilayah Tangerang Selatan Berwirausaha. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 5 No 2 Oktober 2015

Hendro, 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan: Panduan bagi Mahasiswa untuk Mengenal, Memahami dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta:Erlangga

Leksono, Sonny. 2013. Penelitian Kualitatif Ilmu Ekonomi Dari Metodologi Ke Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Malik Afrian, Muhammad . 2017. Peran Entrepreneur Menyiapkan Persaingan Global. (Online), (http://edukasi.-kompas.com/), diakses 28 Nopember 2017 : 05.15 WIB).

Moleong, Lexi J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexi J, 2014. ” Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”. Bandung : Remaja Rosdakarya.

P. Chaplin, James. 2009. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : Rajawali Pers.

Putratama, Bangun. 2014. Intensitas Kewirausahaan Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Surabaya dalam Minat Berwirausaha dan Efikasi Diri. Surabaya: Jurnal Ekonomi UNESA Volume 01 Nomor 01.

Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta.

Robbins, Stephen P., dan Coulter, Mary. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga

Reber, Arthur., Reber, Arthur. 2010. Kamus Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sofyandi dan Garnifa. 2007. Perilaku Organisasional Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Staniewski, MK. Janowski, K. Awruk, K. 2016. Entrepreneurial personality dispositions and selected indicators of company functioning. Journal of Business Research. Volume 69, Issue 5, May 2016, Pages 1939-1943

Tambunan, Tulus (2012). Wanita Pengusaha di UMKM di Indonesia: Motivasi dan Kendala. Center for Industry, SME and Business Competition Studies

Zimmerer, T.W., dan Scarborough, N.M (Edisi Bahasa Indonesia). 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Kecil, Edisi 5. Jakarta : Salemba Empat

Downloads

Published

25-09-2018

How to Cite

ANALISIS INTENSITAS BERWIRAUSAHA PADA UMKM DI KOTA MALANG. (2018). PANGRIPTA, 1(2), 216-224. https://doi.org/10.58411/1wvbqv91