KAJIAN PEMBANGUNAN SEKTOR PENGEMBANGAN WILAYAH PERKOTAAN SUB KEGIATAN PEMETAAN PARTISIPATIF KELURAHAN

Authors

  • M. Anis Januar Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kota Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/b8mys436

Keywords:

Pembangunan, Pengembangan Wilayah, Pemetaan Partisipatif

Abstract

Peta merupakan penyajian grafis bentuk ruang dan hubungan keruangan antara berbagai perwujudan dan yang diwakili. Selain itu, peta merupakan gambar permukaan bumi pada bidang datar dalam ukuran yang lebih kecil. Metode yang digunakan adalah metode kompilasi data awal, metode persiapan survei, metode survey primer, metode survei sekunder dan metode menggambar dan manipulasi/editing data dalam aplikasi GIS. Tujuannya untuk menggambarkan secara umum kegiatan pemetaan partisipatif di tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Klojen, Blimbing dan Lowokwaru agar terlaksana dengan baik terutama kegiatan survei lapangan untuk mengakuisisi dan mengenali batas wilayah di masing-masing kecamatan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah berupa pemetaan secara partisipatif wilayah Kecamatan Klojen, Blimbing dan Lowokwaru. Kegiatan ini juga mampu membangun pemahaman bersama masyarakat mengenai arti penting batas wilayah kecamatan maupun kelurahan, sehinga diharapkan mampu membendung adanya konflik horisontal yang disebabkan oleh perselisihan batas wilayah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Flavelle, A. 2001. Panduan Pemetaan Berbasis Masyarakat, Panduan Membuat Peta Komunitas dan Tanah Adat. Bogor: JKPP (Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif).

Hapsari, H., & Cahyono, A. B. 2014. Pemetaan Partisipatif Potensi Desa (Studi Kasus: Desa Selopatak, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Jurnal of Geodesy and Goemoatic. Volume 10, Nomor 1, Halaman 99-103. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Hidayat, R., dkk. 2005. Seri Panduan Pemetaan Partisipatif. Bandung: Garis Pergerakan.

Prihandito, A. 1989. Kartografi. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Wibowo, A. 2009. Pemetaan High Conservation Value Area‟s (HCVA‟S) Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis: Studi Kasus: Kebun Kertowono Bagian Kajaran PTPN XII Kabupaten Lumajang Propinsi Jawa Timur. Bogor: Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan IPB.

Downloads

Published

27-03-2019

How to Cite

KAJIAN PEMBANGUNAN SEKTOR PENGEMBANGAN WILAYAH PERKOTAAN SUB KEGIATAN PEMETAAN PARTISIPATIF KELURAHAN. (2019). PANGRIPTA, 2(1), 333-348. https://doi.org/10.58411/b8mys436