ROADMAP SMART CITY KOTA MALANG

Authors

  • Dedy Tri Wahyudi Suryo Putro Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, Sosial dan Budaya Kota Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.58411/77xv1117

Keywords:

roadmap, smart city, Kota Malang

Abstract

Konsep Smart City memiliki arti sebuah pendekatan cerdas dalam membangun kota yang bersifat terintegrasi untuk mengatasi permasalahan kota yang semakin bertambah kompleks terutama seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Metode penelitian dengan pendekatan deskriptif dan pengumpulan data terdiri dari data primer yang didapat langsung melalui pada lapangan dan data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan data-data referensi terkait. Berdasarkan literatur pustaka, maka ditetapkan variabel yang akan dibahas dan diteliti dalam penelitian Roadmap Smart City Kota Malang. Indikator yang digunakan dalam smart city Kota Malang berasal dari hasil kompilasi antara Boyd Cohen, ISO, UNECE, dan disesuaikan dengan karakteristik Kota Malang. Indikator tersebut antara lain: pada smart environment terdapat energi listrik, energi terbarukan, emisi gas rumah kaca, kualitas ari, sampah, air bersih, ketahanan iklim, penataan ruang, RTH, dan permukiman. Smart economy terdapat perdagangan, koperasi, industri pariwisata, dan pengangguran. Pada Smart Living yaitu budaya tradisional, cagar budaya, smart library, kemiskinan, angka harapan hidup, angka kematian bayi, angka kematian ibu, kerentanan bencana, dan smart crime prevention. Hasil skoring/pembobotan pada score card Smart City Kota Malang yaitu terdapat 3 indikator yang digolongkan ke dalam kelas rendah (nilai skor 10) pada energi terbarukan, cakupan sensor, dan smart electricity sehingga diperlukan peningkatan kinerja (kualitas dan cakupan) dan implementasi smart (inovasi dan teknolgi) pada masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasan, Iqbal. 2014. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta PT Bumi Aksara.

Supangkat, dkk. 2015. Pengenalan dan Pengembangan Smart City. Bandung: e-Indonesia Initiative dan Institut Teknologi Bandung.

Ulya A., Tarigan. 2017. Mengukur Kesiapan Kota dalam Menerapkan Konsep Smart City Inisiatif. Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering Edukasi-Vol.9 No. 2

http://kominfo.malangkota.go.id/tag/smart-city. Kota Malang Siap Menuju Smart City.

Downloads

Published

25-03-2019

How to Cite